Cara Aktivasi Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi buatan Microsoft yang paling banyak digunakan saat ini. Sama halnya versi Windows sebelumnya, sistem operasi ini merupakan sistem operasi premium, yang artinya untuk bisa menikmati fitur secara keseluruhan, pengguna harus melakukan aktivasi menggunakan lisensi terlebih dahulu.

Ada banyak cara untuk melakukan aktivasi Windows 10, mulai dari cara legal hingga cara yang bisa dibilang “sedikit nakal”.

Pada tutorial kali ini, kami akan membagikan tutorial untuk aktivasi Windows 10 menggunakan lisensi original dengan harga murah.

Seperti kita tahu, lisensi Windows dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni diatas $100. Tentu bagi kalangan kere-hore, harga cukup menguras isi kantong.

Tapi Anda tak perlu risau, karena sebenarnya kita tetap bisa melakukan aktivasi Windows 10 dengan membeli lisensi berjenis retail. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar antara 50 ribu hingga 200 ribu.

Tanpa basa-basi, langsung saja berikut tutorial lengkapnya.

Langkah #1: Siapkan Lisensi Windows 10

Hal pertama yang tentunya harus kita siapkan adalah lisensi Windows 10 original.

Nah, PR utama ketika kita membeli lisensi retail ini adalah memastikan lisensi yang kita dapat adalah lisensi retail yang legal. Dan cara memastikan lisensi yang kita dapat adalah lisensi yang legal cukup sederhana, yakni kita mendapatkan bentuk fisik dari pembelian yang berisi:

  • DVD Installer
  • License Key
  • COA Windows 10
  • Logo Windows 10

Jadi, usahakan untuk membeli ke penjual lisensi retail yang tidak hanya memberikan lisensi saja, hal ini untuk meminimalisir lisensi yang kita dapat tidak legal.

Lantas, dimana kiranya bisa mendapatkan lisensi resmi tersebut?

Anda dapat membeli di toko online di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dengan memasukkan keyword dalam kolom pencarian “lisensi windows 10“.

Atau jika Anda tikak ingin repot-repot mencari lisensi yang benar-benar original, Anda bisa memesan ke partner kami. Pemesanan bisa melalui tombol di bawah ini.

Jika lisensi sudah tersedia, selanjutnya kita lanjut ke proses selanjutnya.

Langkah #2: Masuk ke Setting

Klik start dan masuk ke menu setting. Alternatif lain untuk masuk ke menu setting bisa menggunakan tombol keyboard Windows + i.

Langkah #3: Pilih Update & Security

Langkah #4: Pilih Activation

Langkah #5: Pilih Change Product Key

Langkah #6: Masukkan Lisensi Windows 10

Selanjutnya, masukkan kode lisensi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Selanjutnya klik Next kemudian tunggu beberapa saat, lisensi Anda akan diverifikasi sistem.

Baca: Panduan Lengkap Cara Ulang Install Windows 10

Langkah #7: Cek Status Aktivasi Windows 10

Jika Anda telah melakukan proses aktivasi di atas maka perlu Anda pastikan bahwa Windows 10 Anda telah benar-benar aktif.

Bagaimana caranya?

Masuk ke Start kemudian cari Command Promp Kemudian Klik Kanan>Run as Administrator

Kemudian ketik slmgr/xpr

Silahkan cek apakah Windows 10 Anda sudah benar-benar teraktivasi dengan baik.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar